Tuesday, 9 June 2009

Sekilas Tentang UB40

Grup reggae yang dibentuk di Birmingham, Inggris sekitar tahun 1978 punya anggota yang cukup banyak. Ke-8 anggotanya: James Brown
, Maxi Priest, Robin Campbell, Earl Falconer, Norman Hassan, Brian Travers, Astro, Ali Campbell, dan Michael Virtue sempat bertahan selama 30 tahun hingga akhirnya Ali Campbell dan Michael Virtue mengundurkan tahun 2008 ini.

Nama UB40 diambil mereka dari kata Unemployment Benefit, Form 40, sebuah kartu yang diberikan oleh pemerintah Inggris kepada para pengangguran untuk mendapatkan tunjangan dari pemerintah. Para anggota UB40 yang saat itu memang adalah pengangguran sepakat menjadikan nama ini sebagai nama band yang mereka bentuk kemudian.
UB40 mengambil akar musik reggae sebagai landasan bermusik mereka. Saat mereka sedang bermain di sebuah pub, Chrissie Hynde dari The Pretenders tertarik dan menawari UB40 untuk membuka konser mereka.

Album pertama UB40 SIGNING OFF yang dilepas tahun 1980 berhasil membawa nama UB40 ke posisi sukses di tangga lagu Inggris.
Kesuksesan grup band ini terus berlanjut hingga 32 album berikutnya termasuk TWENTYFOURSEVEN yang dilepas tahun 2008 ini. Single-single mereka seperti King, Red Red Wine, Kingston Town, atau Here I Am (Come and Take Me) berhasil meraih posisi terhormat di tangga lagu baik Inggris maupun AS.
Posisi Ali Campbell dan Michael Virtue yang mengundurkan diri kemudian diisi oleh Duncan Campbell dan Tony Mullings. Duncan Campbell kebetulan adalah kakak kandung dari Ali Campbell yang memutuskan untuk bersolo karir.

0 komentar: