All About Reggae and Rasta

Sunday, 27 December 2015

Hari Suci Rastafarian Di Ethiopia




Berikut beberapa hari penting bagi kaum Rastafari. Haile Selassie sangat berpengaruh dan menginspirasi dalam perkembangan bagi Rastafarianimisme. Tulisan ini berdasarkan hasil penelitian seorang penulis asal Inggis, Peter Owen Jones saat di Addis Ababa, Ethiopia.

Natal Ethiopia (7 Januari)

Kristen telah ada di Ethiopia sejak 330 Masehi atau Anno Domini, dan Rastafarian menganggap kulit hitam sebagai orang-orang Yahudi dari Alkitab

Natal Ethiopia ditandai dengan pesta besar. Makanan yang dimakan adalah vegetarian atau vegan sesuai dengan hukum makanan bagi Rastafari. Selama perayaaan pesta akan ada pembacaan titah parah pendahulu yang diselingi Nyabingi (ritual suci rastafari). 

Groundation Day (21 April)

Peringatan kunjungan  Haile Selassie ke Jamaika pada tahun 1966. Kunjungan ini adalah satu-satunya waktu Kaisar mengunjungi Jamaika. Dalam perayaan ini ada Sesi Nyabingi, termasuk musik, nyanyian dan doa diadakan untuk memperingati hari tersebut.

Hari Konstitusi Ethiopia (Juli 16)

Memperingati pelaksanaan pertama konstitusi Ethiopia oleh Haile Selassie pada tahun 1931. Konstitusi mewajibkan parlemen untuk penunjukan sejumlah deputi, dan Kaisar Haile Selassie I tetap mempertahankan kekuasaan dan otoritas tertinggi.

Rastafarian disana memperingati peristiwa ini karena mengarah ke kelahiran agama Rastafari, perayaannya tetap ada sesi Nyabingi juga terjadi untuk menghormati peristiwa itu.

Ulang Tahun Kaisar Haile Selassie (23 Juli)

Peringatan hari kelahiran Kaisar Haile Selassie yang lahir pada tahun 1892 Sesi Nyabinghi diadakan untuk menghormati tanggal kelahiran kaisar.

Ulang Tahun Marcus Garvey  (17 Agustus)

Memperingati Ulang Tahun Marcus Garvey, politisi Jamaika lahir pada tahun 1887 yang meramalkan penobatan Raja di Afrika, dan mempelopori gerakan 'Kembali ke Afrika' .
Pada tanggal ini Rastafarian memperingati peran penting dari oleh Marcus Garvey dalam perjuangan pemenuhan hak kulit Hitam. Dalam perayaakn akan dibacakan beberapa titah berpengaruh dari Marcus Garvey. Puisi dibacakan mengingat pentingnya sejarah perjuangan Marcus Garvey yang disertai dengan tarian afrika,

Hari Tahun Baru Ethiopia (11 September)

Pada tanggal ini diperigati rastafarian sebagai Awal Tahun Baru di Ethiopia karena Rastafarian percaya Ethiopia menjadi tanah air rohani mereka, dan tempat yang mereka ingin kembali. Sejarah Ethiopia akan diingat, dan pentingnya mengakui melalui ayat-ayat Alkitab dan doa. Sesi Nyabingi juga diadakan untuk merayakan peristiwa itu.

Penobatan Kaisar Haile Selassie I (2 November)

Memperingati Penobatan Ras Tafari Haile Selassie I sebagai Kaisar  dan Raja Ethiopia pada tahun 1930.  Dalam perayaan ini Imam akan membaca ayat-ayat Alkitab dan memulai bernyanyi lagu untuk menekankan kembali pentingnya Haile Selassie sebagai Mesias. Pertemuan Nyabingi juga terjadi untuk mengingat Haile Selassie.


No comments:

Post a Comment